shopping-bag 0
Items : 0
Subtotal : £0.00
View Cart Check Out

BIGREDS Regional Karawang 1st Anniversary

BIGREDS REGIONAL KARAWANG 1st ANNIVERSARY

(FAITHFUL, JOYFUL, WONDERFUL)

AGUSTUS 2015

 

Peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-69 pada 2014 menjadi lebih istimewa bagi kami, suporter LFC di Karawang. Karena pada hari itulah, The REDS KARAWANG dikukuhkan secara resmi menjadi bagian dari BIGREDS IOLSC dan berubah nama menjadi BIGREDS Regional Karawang, setelah berjuang selama 4 tahun sejak didirikan pada 2010.

Sedikit memutar waktu di masa-masa awal, kami teringat akan acara nonton bareng yang hanya diramaikan oleh 10-15 orang saja. Namun, perlahan jumlah tersebut naik hingga menjadi 300 orang lebih. Kegiatan futsal yang hanya diikuti 10 orang, kini diikuti lebih dari 30 orang bahkan lebih. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya yang semakin ramai didatangi.

Dan tepat pada 17 Agustus 2015, kami menginjak usia 1 tahun. Satu usia di mana kami belajar untuk semakin mantap dalam melangkah dan berkembang bersama BIGREDS. Kami mencoba merayakan dengan hal-hal yang berbeda dalam merayakan usia 1 tahun kami. Mengusung tema Faithful, Joyful, Wonderful, kami jadikan 1 bulan penuh di Agustus 2015 dengan berbagai kegiatan setiap minggunya. Mulai dari turnamen sepakbola se-Jawa Barat, DKI dan Banten, turnamen futsal internal, pesta rakyat, dan puncaknya adalah nonton bareng, live music serta potong tumpeng sebagai wujud rasa syukur kami.

Bagaimana keseruan perayaan milad kami? Kami coba memaparkannya lewat kegiatan per-minggunya.

  1. Minggu Pertama (9 Agustus 2015) – Turnamen Sepakbola se-Jawa Barat, DKI & Banten (Babak Penyisihan).

Babak penyisihan turnamen sepakbola dimulai. 6 regional berpartisipasi di ajang ini. BIGREDS regional Jakarta, Bogor, Bekasi, Cianjur, Purwakarta dan tentunya Karawang sebagai tuan rumah. Pertandinga penyisihan dimulai pukul 13:00 WIB di komplek YONIF 305 Karawang. 6 partisipan dibagi ke dalam 2 grup, yakni grup A (Bogor, Cianjur, Bekasi) dan grup B (Karawang, Purwakarta, Jakarta).

4 tim melaju ke semifinal. Juara grup A, Bogor, bertemu runner up grup B, Jakarta. Dan runner up grup A, Bekasi bertemu dengan juara grup B, Karawang..

  1. Minggu Kedua (16 Agustus 2015) – Turnamen Futsal Internal & Pesta Rakyat.

Di pekan kedua,  kami mengadakan acara Turnamen Futsal Internal & Pesta Rakyat sebagai bentuk apresiasi untuk member-member BIGREDS Regional Karawang. Acara ini diadakan di Central Futsal Mall Karawang Central Plaza mulai pukul 14:00 WIB dan berkahir pukul 17::30 WIB.  48 member ikut serta dalam turnamen ini. Panitia pun kemudian melakukan pengundian sehingga terbentuk 8 tim dan masing-masing tim terdiri dari 6 orang peserta. Karena ada 8 tim lalu kami membuat 2 grup, yaitu Grup A dan Grup B. Tidak ada runner up dalam penyisihan grup, kami langsung mengambil juara grupnya saja untuk langsung melaju ke babak final. Nama-nama tim kami ambil dari nama-nama pemain yang baru bergabung dengan LFC musim ini yaitu: Tim Firmino, Tim Gomez, Tim Benteke, Tim Ings, Tim Milner, Tim Bogdan, Tim Clyne dan Tim Origi. Kenapa kami menggunakan nama-nama pemain baru LFC bukan legenda? Karena menurut kami, sudah terlalu mainstream menggunakan nama-nama legenda LFC, hehehe.

Di Grup A tergabung team Firmino, Gomez, Benteke, dan Ings. Sedangkan di Grup B tergabung team Milner, Bogdan, Clyne, Origi. Pertandingan berlangsung seru dan akhirnya menyisakan tim Ings sebagai juara group A dan tim Milner sebagai juara group B.

Pertandingan  yang sengit antara tim Ings dan tim Milner terjadi saat babak final. Kedua tim sama-sama menentukan kelasnya sebagai tim yang memang layak melaju ke final. Adu penalty pun tak dapat dihindari untuk bias menentukan juara.

Tendangan yang melenceng dan kesigapan kiper masing-masing tim untuk menepis bola lawan menjadikan skor masih saja imbang, sampai akhirnya pada tendangan terakhir, penjaga gawang tim Ings berhasil menepis tendangan tim Milner dan membuat penendang terakhir tim Ings tidak menyia-nyiakan peluang ini dengan melesakan gol ke gawang tim Milner. Tim Ings pun menjadi juara Turnamen Futsal Internal. Selamat!

Setelahnya, pesta rakyat pun digelar. Karena waktu yang minim, kami hanya mengadakan lomba tarik tambang yang menggabungkan dua tim turnamen futsal ke dalam satu tim. Tim-tim tersebut adalah tim Firmino Gomez dan Tim Benteke Ings di grup A serta tim Milner Bogdan dan tim Clyne Origi di grup B. Adu kuat dalam tarik-menarikpun di mulai. Di grup A, tim Benteke Ings terlalu tangguh bagi tim Firmino Gomez, sedangkan tim Clyne Origi nampaknya belum terlalu kuat untuk melumpuhkan tim Milner Bogdan. Masing-masing juara grup tersebut kemudian melangkah ke babak final. Kedua tim yang bertanding, yakni tim Benteke Ings vs  tim Milner Bodgan mengeluarkan semua kemampuannya. Sungguh ketat jalannya pertandingan. Setelah rally yang cukup lama, tim Milner Bodgan pun berhasil membuat tim Benteke Ings tersungkur dan berhak menjadi juara dalam Pesta Rakyat ini.

Bukan kemenangan yang menjadi target utama, tetapi kekompakan dan semakin guyub lah yang menjadi inti dari kegiatan-kegiatan ini.

  1. Minggu Ketiga (23 Agustus 2015) – Semi Final & Final Turnamen Sepakbola se-Jawa Barat, DKI & Banten.

Dengan menyisakan BIGREDS Regional Bogor, Bekasi, Jakarta, dan Karawang, pertandingan semi final diadakan mulai pukul 13:00 WIB di Stadion Singaperbangsa Karawang, stadion kebanggaan warga kota Karawang. Pengundian siapa yang bermain duluan dimulai! BIGREDS Regional Bogor melawan BIGREDS Regional Jakarta menjadi pertandingan yang pertama setelah itu BIGREDS Regional Karawang melawan BIGREDS Regional Bekasi. Setelah semuanya siap, kick off pertandingan pertama dimulai! BIGREDS Jakarta yang diprediksikan akan mencuri gol dengan cepat ternyata cukup kewalahan dengan BIGREDS Bogor yang memberikan perlawanan cukup sengit di lini tengah. Tetapi dengan tekad yang kuat untuk menjadi juara, akhirnya BIGREDS Jakarta keluar sebagai pemenang dalam pertandingan ini. Di pertandingan selanjutnya mempertemukan tuan rumah BIGREDS Karawang melawan BIGREDS Bekasi. Pertandingan berjalan sengit, sama seperti pertandingan sebelumnya. Sempat unggul terlebih dahulu lewat gol penalti, tetapi pada 10 menit terakhir sebelum pertandingan usai BIGREDS Karawang berhasil unggul dan keluar sebagai pemenang. Saatnya final! Mempertemukan BIGREDS Jakarta menghadapi BIGREDS Karawang (lagi). Dengan materi pemain yang berbeda pada babak penyisihan, BIGREDS Jakarta sepertinya ngotot ingin menang pada pertandingan final ini, tetapi tuan rumah tidak ingin dikalahkan dengan mudah oleh tim ibukota. Jual beli serangan terjadi pada final kali ini, hasilnya 2 babak sudah terjadi dan skor tetap kacamata sehingga langsung dilanjutkan dengan adu penalti. BIGREDS Karawang maju terlebih dahulu sebagai penendang, tapi penendang pertama melenceng dari arah gawang. Kini giliran penendang pertama dari BIGREDS Jakarta, namun sayang penendang pertama dari BIGREDS Jakarta juga gagal memanfaatkan momentum tersebut. Lagi-lagi walaupun adu penalti sangat sengit seperti pertandingannya, tetapi penendang terakhir BIGREDS Karawang gagal memasukan bola ke gawang lawang dan penendang terakhir BIGREDS Jakarta pun berhasil memanfaatkan hal tersebut dengan melesatkan tendangan penentu kemenangan mereka. Gol pun tercipta dan BIGREDS Jakarta menjuarai turnamen sepakbola ulang tahun pertama BIGREDS Karawang. Tuan rumah pun harus puas menjadi runner up di kandang sendiri. Selamat BIGREDS Jakarta!

Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan piala dan piagam kepada semua peserta turnamen. Terima kasih BIGREDS Jakarta, Cianjur, Bekasi, Bogor, dan Kopites Purwakarta yang sudah turut serta meramaikan kegiatan di ulang tahun pertama kami ini, terima kasih keguyubannya. Kalian semua hebat!

Tak hanya turnamen sepakbola, kami juga mengadakan kegiatan donor darah pada hari itu juga dengan melibatkan PMI Karawang. Kegiatan donor darah ini ternyata disambut antusias. Buktinya, 30 orang mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya yang diharapkan dapat membantu banyak jiwa yang membutuhkannya. Terima kasih. You did a great job, lads and lasses!

  1. Minggu Keempat (29 Agustus 2015) – Puncak Perayaan Ulang Tahun BIGREDS Regional Karawang yang Pertama.

Setelah 3 kegiatan di 3 minggu beruntun yang bisa dibilang lancar dan sukses, di minggu keempat ini pun kami menggelar acara puncak yang berlangsung di Atrium Mall Karawang Central Plaza mulai pukul 18:30 WIB.

Live Music dari KeepRed band (yang bisa bongkar pasang personil setiap manggung supaya ga bosen katanya, hahaha) menandai dimulainya acara puncak perayaan ulang tahun BIGREDS Regional Karawang yang pertama. 3 lagu yang dibawakan (Fields of Anfield Road, BIGREDS Anthem dan Poor Scouser Tommy) membuat yang hadir ikut bernyanyi. Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana yang menjelaskan kenapa tema yang diusung “Faithful, Joyful, Wonderful”, kemudian setelahnya ada sambutan dari korwil BIGREDS Karawang yang menyampaikan visi misi BIGREDS Karawang kedepannya serta sambutan dari perwakilan regional lain dan juga dari fans club lain yang ada di Karawang. Potong tumpeng pun menjadi rangkaian acara berikutnya. Dipimpin oleh sesepuh BIGREDS Regional Karawang, Om Olenk Gonzes dan Om Sam Adhiyanto memimpin pemotongan tumpeng tersebut. Doa tentunya menjadi hal wajib sebelum tumpeng dipotong. Doa dipimpin langsung oleh korwil kami. Doa kami sederhana, semoga Tuhan memberikan hal-hal baik kepada kami semua kedepannya. Suap-suapan tumpeng pun membuat acara puncak semakin meriah. Belum lagi hadiah yang dibagikan untuk para pemenang Turnamen Futsal Internal dan Pesta Rakyat yang digelar pada minggu kedua Agustus 2015 lalu dan juga kepada semua member yang hadir. Wah, seru pokoknya!

Selanjutnya, ada lagi satu hal yang berbeda, yaitu pengundian arisan membership kopschool Karawang yang rutin diadakan setiap dua minggu sekali. Arisan membership Kopschool ini adalah  arisan yang dilakukan untuk mendaftarkan anggota Kopschool Karawang menjadi member BIGREDS IOLSC dengan tidak membebani mereka, karena uang jajan mereka yang kami tahu jauh lebih sedikit dari para pekerja.

KeepRed Band pun kembali mengambil alih panggung dengan menyanyikan lagu You’ll Never Walk Alone sebagai penanda sebelum kick off dimulai. Pritttt! Peluit awal dibunyikan.babak pertama antara LFC vs WHU dimulai. Chants-chants terus terus terdengar meski LFC tertinggal. Skor 0-2 menutup babak pertama. Saat jeda, KeepRed Band kembali tampil dengan membawakan lagu BIGREDS ANTHEM. Lagu ini sedikit mengobati kekecewaan para pendukung LFC yang melihat tim kesayangannya bermain buruk. Babak kedua dimulai. Permainan sedikit berkembang. Namun, keadaan tidak berubah sampai akhirnya WHU kembali menciptakan satu gol lagi pada perpanjangan waktu babak kedua. Alhasil, LFC 0 – 3 WHU. Sedih, itu sudah pasti! Namun, lagi-lagi menang, kalah, seri jadi hal yang biasa dalam sepakbola. Kekalahan tak mengurangi rasa syukur kami karena acara puncak ini juga berjalan lancar, meski masih jauh dari sempurna.

Terima kasih kepada semua member, sponsor dan teman-teman regional lain yang berpartisipasi dalam perayaan ulang tahun kami yang pertama ini. Semoga kegiatan ini, bisa menjadi titik awal yang baik, menciptakan hal yang besar dan bermanfaat  serta berpengaruh pada BIGREDS IOLSC, LFC serta kota tercinta kami, Karawang.

Semakin guyub dan semakin menyenangkan kedepannya.

 

#YNWA

Text: BIGREDS Regional Karawan; Editor: LB

Leave a Reply